Jumat, 18 Juni 2010

Perangkat keras jaringan

Komputer Server adalah suatu unit komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi dan untuk mengelola suatu jaringan komputer. Komputer server akan melayani seluruh client yang terhubung ke jaringannya.

Terdapat 3 macam server, yaitu:
a. Server Web
adalah perangkat lunak yang melayani permintaan file-file dari browser web.Server web biasanya d sebut juga sbg HTTP (Hypertext Transfer Protokol) server.
b. Server Aplikasi
adalah perangkat lunak yang berfungsi menerjemahkan kode-kode dinamis menjadi kode-kode statis HTML.
c. Server Database
adalah perangkat lunak yang berfungsi mengolah data yang diminta oleh server aplikasi. Untuk membuat aplikasi web berbasiskan database, komputer atau sistem jaringan harus memiliki paling tidak satu buah sistem database. Jenis data base yang bisa digunakan antara lain misalnya: Ms.Access, SQL server, Oracle atau MySQL.

KOMPUTER CLIENT adalah seperangkat komputer yang memungkinkan pengguna untuk mengakses servis atau layanan dari komputer server.

KARTU JARINGAN
Kartu jaringan atau disebut dg istilah NIC (Network Interface Card) merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antar komputer. Kebanyakan kartu jaringan berjenis kartu internal, yaitu kartu jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam komputer.
Kartu jaringan ada d dalam komputer client dan server agar dapat dijalankan dalam jaringan. Kartu jaringan memiliki dua fungsi utama, yaitu:
1. Peranti yang menyambungkan kabel jaringan dengan koMputer.
2. Peranti yang menyediakan pengalamatan secara fisik. Artinya kartu jaringan memiliki kodE tertentu yang unik.

KABEL JARINGAN
Kamu dapat membangun jaringan komputer menggunakan berbagai tipe media transmisi. Media transmisi dapat diklasifikasikan menjadi dua kategori, yaitu terarah atau menggunakan kabel atau tidak terarah atau nirkabel. Media transmisi terarah merupakan gelombang elektromagnetik yang d pandu sepanjang fisik, misalnya: Kabel UTP, Kabel Coaxial dan kabel Fiber Optik. Sedangkan media transmisi elektromagnetik tanpa dipandu, misalnya perambatan melalui udara, ruang hampa dan air laut.

Jenis-jenis jaringan yang akan kita bahas yaitu:
1. Kabel UTP
Secara fisik terdiri atas 4 pasang kawat meDium, setiap pasang dipisahkan oleh lapisan pelindung.
Kabel UTP mempunyai beberapa karakteristik, yaitu:
a. Kecepatan dan keluaran 10-100 Mbps.
b. Biaya rata-rata pern0de murah.
c. Media dan ukuran koNektor kecil.
d. Panjang kaBel maksimal yang diizinkan yaitu 100m.

Kabel UTP mempunyai banyak keunggulan, selain itu mudah dipasang, ukuranya kecil dan harganya lebih murah dibandingkan media lain. Kekurangan kabel UTP yaitu rentan efek interferensi elektromagnetik yang berasal dari media atau perangkat lain. Akan tetapi, pada prakteknya pada administrator jaringan banyak menggunakan kabel ini sebagai media yang eFektif dan dapat diandalkan.
Kabel UTP terdiri dari 8 pin warna,dimana terdapat dua tipe kabel yang umum, yaitu kabel straight-through digunakan untuk menghubungkan sebuah hub dengan switch dan kabel cross-over digunakan untuk menghubungkan dua buah komputer secara peer to peer tanpa hub dan switch.

2. KABEL KOAKSIAL
Kabel koasial terdiri atas konduktor silindris melingkar yang mengelilingi sebuah kabel tembaga inti yang konduktif. Kabel koaksial dapat digunakan tanpa banyak membuTuhkan bantuan repeater sbg penguat untuk komunikasi jarak jauh.
Kabel koaksial memiliki ukuran beragam. Diameter yang besar memiliki transmisi panjang dan men0lak n0ise. Nama lain dari kabel ini adalah 'thicknet'. Kabel ini sangat popular untuk LAN karena memiliki bandwith yang lebar, sehingga dapat anda gunakan untuk koMunikasi broadband. Contoh kabel koaksial dalam kehidupan sehari-hari, yaitu: kabel tv, thin10base5 yang biasanya digunakan untuk kabel backbone pada instalasi jaringan antar gedung.

Kabel koaksial mempunyai beberapa karakteristik, yaitu:
1. Kecepatan dan keluaran 10-100 MBps
2. Biaya rata-rata pernodE murah
3. Media dan ukuran k0nektor meDium
4. Panjang kaBel maksimal yang di izinkan yaitu 500m

jaringan yang mengGunakan kabel koaksial merupakan jaringan dEngan biaya rendah,tetapi jangkauanya sangat terbAtas dan keandalanya juga sangat terbatas.Kabel ini digunakan pada topologi bus dan ring.

3. KABEL FIBER OPTIK
Jenis kabel ini merupakan kabel jaringan yang jarang digunakan pada instalasi jaringan yang besar dan pada perusahaAn multinasi0nal serta digunakan untuk antar lantai atau antar geDung.
Kabel fiber optic merupakan meDia networking meDium yang diGunakan utk transmisi m0dulasi.

Beberapa keuntUngan mengGunakan kaBel fiber optic, yaitU:
1. Kecepatan jaringan fiber optik ber0perasi pd kecepatan tinggi.
2. Bandwith, fiber optic mampu membAwa paket dengan kapasitas besar.
3. Distance yaitU sinyal2 dpt ditransmisikan lebih jauh tanpa memerlukan perlakuan refresh.
4. Kabel2 fiber optik membuTuhkan biaya alternatif murah.

Fiber optic mempunyai beberapa karakteristik, yaitu:
a. Kecepatan dan keluaran 100+ Mbps
b. Biaya rata2 pern0dE cukup mahal
c. Media dan ukuran koNektor kecil
d. Panjang kaBel maksimal yang diizinkan yaitu 2 km

Tidak ada komentar:

Posting Komentar